Cover Lagu Siswa Smanti


Artikel ini merupakan materi dan penugasan mata pelajaran Seni Budaya kelas X di
SMAN 3 Sukabumi

Apa Itu Cover Lagu?

Saat ini tentunya hampir semua pernah mendengar istilah Cover Lagu. Bahkan ada yang sering menonton, mendengarkan cover lagu. Bahkan ada juga yang pernah membuat cover lagu.
Menurut kalian, kira-kira apa pengertian Cover Lagu itu?

Contoh Cover Lagu

Berikut adalah contoh Cover Lagu dari Siswa-siswi SMAN 3 Sukabumi dari tahun 2012 sampai dengan 2018. 

Silahkan disimak dan diapresiasi sehingga menjadi inspirasi. 





Video lainnya akan segera diupdate di Channel YouTube.
Silahkan diikuti secara berkala.

Tugas Membuat Video Cover Lagu

1. Tugas ini adalah tugas untuk Individu atau Kelompok

Boleh sendiri atau banyakan/kelompok. Jika sendiri, Kalian boleh dibantu oleh teman sekelas atau di luar kelas. Namun di sini teman kalian hanya sekedar membantu sebagai pemain musik mengiringi kalian. Teman juga boleh membantu kalian merekam, mengedit audio video. Namun nilai hanya untuk satu orang saja, yang menyanyi atau memainkan alat musik (cover melodi) bukan yang mengiringi.

Selain dibantu oleh teman, kalian juga diperbolehkan dibantu oleh orang lain (teman di luar sekolah, tetangga, sodara, orang tua). Namun sama, mereka hanya membantu sebagai musik pengiring atau backing vocal. 

Jika kelompok, video yang dikumpulkan tidak boleh sama persis dari awal sampai akhir. harus ada perbedaan minimal 20 detik. Dan penilaiannya berdasarkan NAMA atau AKUN yang mengumpulkan.

2. Cover Vokal atau Instrumental

Tema dan genre lagu bebas. Lagu apa saja yang kalian suka. Baik musik dalam negeri maupun lagu mancanegara. 

Kalian boleh memilih mengcover dengan vokal atau instrumental alat musik. Bagi yang alat musik, tetap harus menggunakan iringan. Contohnya kalian mau memainkan Pianika lagu Bunda, nah di sini kalian bukan hanya main pianika saja, namun tetap harus ada yang mengiringi. Atau kalian main gitar, bukan main akor mengiringi nyanyian namun kalian bermain fingerstyle. Jika kalain mengcover menggunakan alat musik perkusi seperti Drum atau Kendang, tetap harus ada lagu yang kalian Kendangi.

2. Durasi Lagu

Lagu yang dinyanyikan/dimainkan minimal ada tiga bagian yaitu: intro, verse (bait awal lagu), dan Chorus atau reff. Jadi tidak harus full sesuai lagu. Namun, menyanyikan secara full juga lebih baik.

3. Video

  • Video minimal menggambarkan kalian yang sedang bernyanyi atau bermain alat musik atau menceritakan sesuai dengan lagu.
  • Harus ada wajah kalian minimal 20 detik dalam keseluruhan video.
  • Menggunakan baju bebas namun sopan. Tidak menggunakan seragam sekolah.
  • Lokasi syuting bebas
  • Minimal ada dua sudut pandang
  • Tidak perlu dengan didahului kata sambutan, atau perkenalan, atau kata penutup.

4. Cara Pengumpulan

Tugas ini dikumpulkan dengan cara diupload pada media sosial YouTube atau IG. Nanti, di akhir waktu pengumpulan akan dibagikan di Group WA formulir untuk mengisi link.

Video tersebut tidak boleh dihapus dan harus dilihat secara publik, termasuk komentar harus diaktifkan.

5. Waktu Pengumpulan

Tugas video cover lagu dapat dikumpulkan mulai saat ini sampai dengan batas waktu satu minggu sebelum Ujian Semester Ganjil.

6. Penulisan Judul dan Deskripsi

Penulisan Judul Video

Judul Lagu - Penyanyi | cover by Nama Kalian
atau

Judul Lagu - Penyanyi | cover Piano by Nama Kalian
atau

Judul Lagu - Penyanyi | cover Guitar Fingerstyle by Nama Kalian

Penulisan Deskripsi

Cover Lagu Siswa-Siswi SMAN 3 Sukabumi
Kelas ...
Tugas Mata Pelajaran Seni Budaya tahun 2022

Link video asli: (sertakan link video dari penyanyi asli)
Link musik pengiring : (sertakan jika kalian menggunakan musik iringan dari orang lain)

Boleh ditambah deskripsi lainnya.

7. Penilaian

  • Kreativitas membuat video cover lagu.
  • Kesesuai dengan poin 1-6
Gunakan Handphone atau perangkat yang kalian miliki.
Tugas ini tidak mengaharuskan kalian untuk membuat rekaman di studio, atau menyewa cameraman.
Jangan sampai menggunakan biaya mahal.
Gunakan yang ada.
Yang paling penting adalah bagaimana kreatifitas kalian dalam membuat cover lagu.

Cara Membuat Video Cover Lagu

1. Menentukan Lagu

Langkah awal adalah menentukan lagu yang akan kita nyanyikan (dengan Vokal) atau kita mainkan (dengan alat musik). Sesuaikan dengan lagu yang paling kita suka, dan yang kira-kira mampu kita nyanyikan/mainkan. 

2. Menentukan Instrument Pengiring

Musik pengiring dapat berupa midi karaoke yang kita download secara online atau kita membuat musik iringan (midi karaoke) sendiri atau dibuatkan oleh orang lain (teman, tetangga, sodara, dll). Atau diiringi dengan alat musik secara langsung. 

Apabila kita menggunakan musik iringan dari karya orang lain, sebaiknya kita meminta ijin terlebih dahulu kepada pemiliknya. Sementara itu, untuk musik iringan secara langsung menggunakan instrumen harmonis se[erti Gitar, Piano dll dapat kita mainkan sendiri jika kita bisa memainkan alat musik tersebut. Atau dibantu oleh orang lain (teman, tetangga, sodara, dll) yang dapat memainkan alat musik.

3. Menentukan Nada Dasar

Nada dasar yang akan kita nyanyikan/mainkan belum tentu sesuai dengan range suara kita, atau belum tentu sesuai dengan teknik urutan nada yang akan digunakan pada alat musik yang akan kita mainkan. Contohnya, jika lagu tersebut terlalu tinggi untuk kita nyanyikan, maka sebaiknya nada dasarnya kita turunin disesuaikan dengan kemampuan vokal kita. Atau, jika kita akan memainkan alat musik biola, nada dasar lagu tersebut adalah Bes. Maka sebaiknya nada dasarnya diturunin menjadi A. Oleh karena itu, penentuan nada dasar lagu yang akan kita cover harus diperhatikan. Namun apabila suara/teknik permainan kita sudah mampu sesuai dengan nada dasara lagu tersebut, maka tidak masalah jika tidak merubah nada dasar. 

4.  Mengkonsep Video Klip

Kita mengkonsep video yang akan kita buat. Tentang cerita pada video yang sesuai dengan lagu. Atau hanya dengan cerita yang sederhana. Namun harap diperhatikan, jangan sampai video klip mirip seperti kita membawa acara berita. 

Pada poin ini, kita juga dapat menentukan proses rekaman audio apakah secara langsung sekaligus dengan video klip atau dipisah, merekam audio terlebih dahulu lalu digabung dengan video klip.

5. Proses Rekaman

Ada dua teknik merekam suara. 

  • Merekam suara secara langsung sambil membuat video
  • Merekam suara saja baik di studio, ataupun menggunakan alat perekam sederhana seperti handphone.

Saat proses ini, jika menggunakan handphone mohon diperhatikan suara di sekitar. Jangan sampai ada suara berisik lain yang masuk ke rekaman. Contohnya saat kita mau ngerekam, tiba-tiba ada yang lewat "tahu bulat", "barade-barade", atau ada tetangga yang sedang nikahan.

Dan pastikan juga suara yang terekam jelas terdengar.

6. Proses Editing

Proses editing baik editing audio maupun video atau sekaligus editing audio video. 

7. Publikasi

Setelah selesai diedit, dan sudah yakin untuk dipublikasikan maka segera upload video cover lagu tersebut ke YouTube atau Instagram atau media sosial lainnya. Tentunya dengan penulisan judul dan deskripsi yang minimal seperti yang sudah saya sampaikan di atas.

Selamat berkarya!

Bagi yang mengalami kendala untuk mengerjakan tugas ini, mohon untuk menghubungi saya secara pribadi sehingga dapat ditemukan solusinya dan kalian mendapatkan nilai dari tugas ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url