Jurnal Refleksi Modul 3.3

Jurnal Refleksi Modul 3.3

Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid


 

Ditulis oleh: Junaedi

Calon Guru Penggerak angkatan 6

SMAN 3 Sukabumi Kota Sukabumi Provinsi Jawa barat

 

15 April 2023

 

Salam dan Bahagia

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu.

 

Alhamdulillah saat ini saya sudah pada tahap mempelajari modul terakhir dari Program Pelatihan Guru Penggerak ini. Modul 3.3 ini membahas tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, yang merupakan modul terakhir dari 3 modul Paket Modul 3 tentang Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah.

 

Pertama-tama saya menyampaikan terima kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan kesehatan lahir batin kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan program ini. Terima kasih juga kepada Istri dan keluarga yang selalu mendoakan yang terbaik buat saya. Terima kasih juga kepada Ibu Nenty Hariyanti selaku fasilitator dan Bapak Muh. Khoirulhadi selaku Pengajar Praktik yang senantiasa selalu memfasilitasi dan mendampingi serta memberikan motivasi kepada saya. Terima kasih juga buat Rekan CGP satu Tim serta rekan CGP satu Kota yang senantiasa kolaboratif dalam berdiskusi serta berbagi praktik baik. Terima kasih juga kepada Sekolah saya tercinta, SMAN 3 Sukabumi terutama Bapak Kepala Sekolah, Wakasek serta rekan Guru dan Tenaga Kependidikan dan tentunya juga spesial terima kasih buat Murid-muridku yang saya banggakan kelas X SMANTI Bright yang selalu memberikan dukungan secara penuh bagi saya.

 

Saya merefleksikan Modul 3.3 ini melalui jurnal yang saya tulis dengan menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), dan Future (penerapan).

 

FACT (PERISTIWA)

 

Rangkaian kegiatan Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid ini saya laksanakan mulai dari tanggal 28 Februari 2023 sampai dengan tanggal 15 April 2023.

 

Pendahuluan - Modul 3.3

 

Saya memulai pembelajaran Modul 3.3 ini dengan membuka halaman 3.3.a.2. Pendahuluan - Modul 3.3 untuk membaca Alur MERDEKA dan Glosarium - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

 

Setelah mempelajari Modul ini, capaian yang diharapkan adalah sebagai berikut:

 

Kompetensi Lulusan yang Dituju:

1.    Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.

2.    Guru Penggerak melakukan pendampingan kepada  seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.

3.    Guru Penggerak merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.

4.    Guru Penggerak memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.

 

Capaian Umum Modul 3.3 Secara umum:

1.    CGP menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran.

2.    CGP mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.

3.    CGP menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.

 

Capaian Khusus Modul 3.3: Secara khusus

Modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

1.    menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.

2.    menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

3.    menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

4.    mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

5.    merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.

 

 

Alur Belajar MERDEKA

 

Mulai dari Diri - Modul 3.3

 

Pada alur Mulai dari Diri ini, kegiatan pembelajarannya adalah CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.


 

Di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, CGP selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu CGP terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya untuk mendorong CGP untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini.

 

Pembahasan di sini adalah mengenang saat CGP bersekolah dulu, yang tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

Setelah mempelajari alur Mulai dari Diri ini, diharapkan agar saya dapat memahami tentang:

1.    Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?

2.    Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?

 

Eksplorasi Konsep - Modul 3.3

 

Eksplorasi Konsep ini terdiri dari dua kegiatan pembelajaran yaitu :

 

Eksplorasi Konsep 1:

Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:

1.    Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid (student agency).

2.    Apa yang dimaksud dengan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid.

3.    Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid

4.    Bagaimana melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.



Eksplorasi Konsep 2:

1.    CGP melakukan diskusi asinkron untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid.

2.    CGP menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi.



Ruang Kolaborasi - Modul 3.3

 

Pada sesi Ruang Kolaborasi ini, CGP akan bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh (gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan murid.

 

Pada tahap ruang kolaborasi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu :

 

Diskusi Kelompok yang dilaksanakan pada Selasa, 7 Maret 2023 jam 13.00 -15.15 WIB



Presentasi Kelompok yang dilaksanakan pada Rabu, 8 Maret 2023 jam 15.45 - 18.00 WIB



Produk Ruang Kolaborasi

 

Pada alur Ruang Kolaborasi ini, saya berkelompok dengan orang-orang hebat diantaranya yaitu: Bu Sinta Nurhayati dari SMKN 1 Sukabumi, Bu Mira Sartika dari SMKN 3 Sukabumi, Bu Ucu Siti Nurjanah dari SMPN 10 Sukabumi, dan saya sendiri Junaedi dari SMAN 3 Sukabumi.

 

Berikut merupakan Hasil diskusi Ruang Kolaborasi kelompok kami sehubungan dengan Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid:



Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3

 

Pada sesi Demonstrasi Kontekstual ini, CGP akan mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

 

Jika pada alur Ruang Kolaborasi, CGP baru sebatas mengeksplorasi gagasan dan membuat gambaran umum, maka di tahapan Demonstrasi Kontekstual ini, CGP akan membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin diterapkan. CGP dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan tersebut,  CGP harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut.

 

CGP dapat memanfaatkan ide-ide yang telah didiskusikan dalam tahap ruang kolaborasi untuk menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah masing-masing. Kemudian, menggunakan kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di modul-modul sebelumnya) dengan menyusun pertanyaan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan BAGJA tersebut dengan mempertimbangkan:

 

·         poin-poin mana dalam komponen Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan ini,

·         aset dan kekuatan mana yang telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan program/kegiatan ini,

·         mana saja karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini.

·         bagaimana suara, pilihan, dan kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.

 

Produk Demontrasi Konstekstual Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid


 

Elaborasi Pemahaman - Modul 3.3

 

Pada sesi Elaborasi Pemahaman ini, CGP akan berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman terkait dengan Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

 

Sesi Elaborasi Pemahaman ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu:

1.    Membuat Pertanyaan Elaborasi Pemahaman yang nantinya akan diteruskan kepada Instruktur untuk dibahas pada saat Vicon dengan Instruktur.

2.    Video Conference dengan Instruktur, Ibu Sri Subekti pada hari Selasa, 13 Maret 2023, jam 15.30-17.00 WIB.

 

Dari Elaborasi Pemahaman ini saya mendapatkan pengetahuan baru yaitu: MIKIR

Melakukan sendiri

Interaktif

Kontekstual/ kolaboratif

Inovasi

Refleksi diri



Koneksi Antar Materi - Modul 3.3

 

Pada sesi Koneksi Antar Materi ini, CGP membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya

 

Tahapan ini sangat menarik dan menantang karena CGP akan diminta untuk melakukan kilas balik dan mereview kembali modul-modul sebelumnya serta mengaitkannya satu sama lain untuk kemudian membuat sebuah sintesa pemahaman. Sintesa pemahaman ini dibuat dalam bentuk atau format tulisan reflektif tentang program yang berdampak pada Murid.

 

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dapat memandu CGP saat melakukan refleksi.

1.    Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?

2.    Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?

3.    Apa  keterkaitan yang dapat Anda lihat antara Modul ini dengan modul-modul sebelumnya?

4.    Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya jelaskanlah perspektif Anda tentang program yang berdampak positif pada murid. Bagaimana seharusnya program-program  atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?

 

Rubrik penilaiannya mengukur 3 (tiga) aspek yang terdiri dari:

1.    Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar

2.    Analisis untuk implementasi dalam konteks CGP

3.    Membuat keterhubungan

 

Produk Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid



Aksi Nyata - Modul 3.3

 

Aksi Nyata ini merupakan penghujung Modul 3.3. dimana CGP menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.


 

KEGIATAN TAMBAHAN

 

Selain itu, selama masa pembelajaran Modul 3.3 ini saya juga melaksanakan beberapa kegiatan antara lain: Pendampingan Individu 5 dan 6 dari Pengajar Praktik dan mengikuti Lokakarya 5, 6, dan 7, serta melaksanakan Post-test Paket Modul 3.

 

Pendampingan Individu 5

 

Pendampingan Individu (PI) ke-5 yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Maret 2023 membahas tentang Rancangan Program yang Berpihak pada Murid dengan focus pendampingan pada:

a.    Refleksi penerapan aksi nyata modul 3.1

b.    Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid

c.     Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah serta implementasi dari rencana di lokakarya 3 untuk berbagi ke rekan sejawat


 

Kegiatan Pendampingan Individu 5 ini secara lengkap dibahas pada halaman berikut ini:

Jurnal Refleksi Pendampingan Individu 5

 

Pendampingan Individu 6

 

Pendampingan Individu (PI) ke-6 saya laksanakan pada hari Selasa, 28 Maret 2023 merupakan Pendampingan Individu terakhir yang saya dapatkan dari Program Pelatihan Guru Penggerak ini. Pembahasan dari PI terakhir ini adalah membahas tentang Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan dengan focus pendampingan pada:

a.    Persiapan panen hasil belajar

b.    Pengumpulan survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360)

c.     Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi

d.    Penilaian pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah dikomunikasikan ke warga sekolah

 

Pada sesi ini, Pengajar Praktik melakukan wawancara dengan Wakasek Kurikulum SMAN 3 Sukabumi, Ibu Hj. Ery Irvianty, S.Pd., M.Pd.


 

Kegiatan Pendampingan Individu 6 ini secara lengkap dibahas pada halaman berikut ini:

Jurnal Refleksi Pendampingan Individu 6

 

Lokakarya 5

 

Lokakarya 5 dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2023 di SMPN 3 Kota Sukabumi Jl. Pelabuhan II No. 381, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat mulai dari jam 07:30 WIB sampai dengan jam 16:00 WIB.

 

Pemahaman bermakna:

Menjalankan tahapan inkuiri apresiatif (BAGJA) membantu Calon Guru Penggerak dalam merancang program berorientasi pada kepemimpinan murid (student agency) dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah.

 

Produk yang dihasilkan:

-          Rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.

-          Strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi.

-          Rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.



Kegiatan Lokakarya 5 ini secara lengkap dibahas pada halaman berikut ini:

Jurnal Refleksi Lokakarya 5

 

Lokakarya 6

 

Lokakarya 6 dilaksanakan pada tanggal 1 April 2023 di SMPN 3 Kota Sukabumi Jl. Pelabuhan II No. 381, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat mulai dari jam 07:30 WIB sampai dengan jam 16:00 WIB.

 

Pemahaman bermakna:

Dalam mengembangkan program sekolah yang berpihak pada murid diperlukan prakarsa perubahan yang mengedepankan pelibatan warga sekolah serta pengembangan diri yang berkelanjutan.

 

Produk yang dihasilkan:

-          Rencana kerja pengembangan program sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada BAGJA

-          Hasil identifikasi kekuatan diri

-          Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.


 

Kegiatan Lokakarya 6 ini secara lengkap dibahas pada halaman berikut ini:

Jurnal Refleksi Lokakarya6

 

Lokakarya 7 dan Pameran Karya

 

Lokakarya 7 dan Pameran Karya dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 14 dan 15  April 2023 di SMAN 1 Kota Sukabumi JL. RH. Didi Sukardi No.124 Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat mulai dari jam 07:30 WIB sampai dengan jam 12:00 WIB.

 

Pemahaman bermakna:

Perubahan positif di lingkungan belajar sekolah merupakan tanda keberhasilan dari program guru penggerak serta kerjasama berbagai pihak.

 

Produk yang dihasilkan:

-          Rangkuman materi kunci per sub modul, yang dikaitkan dengan perubahan perilaku dan nilai guru penggerak untuk "berpihak pada murid" (dipaparkan di kelas berbagi)

-          Ringkasan ide pengembangan program berdasarkan masukan dan info dukungan pengunjung

-          Persiapan: media presentasi praktik baik di lingkungan belajar sekolah dan paparan untuk kelas berbagi.



 

Kegiatan Lokakarya 7 ini secara lengkap dibahas pada halaman berikut ini:

Jurnal Refleksi Lokakarya7

 

Post-test Paket Modul 3

 

Tes Akhir Paket Modul 3 ini saya kerjakan pada tanggal 16 Maret 2023. Soal Tes Akhir Paket Modul 3 ini berjumlah 30 soal dengan Pertanyaan tidak jauh beda dengan pertanyaan soal Tes Awal Paket Modul 3, yaitu seputar Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah ditambah beberapa soal sehubungan dengan LMS dan Fasilitator.

 

FEELING (PERASAAN)

 

Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran Modul 3.3 adalah: Bersyukur, Bahagia, Terharu, dan Semangat.

 

Saya merasa Bersyukur dapat mengikuti sesi Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid ini, dimana saya dapat memahami pentingnya Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang berpihak pada murid.

 

Saya juga bersyukur mempunyai teman CGP serta Fasilitator dan Pengajar Praktik yang selalu memberikan dukungan.

 

Saya merasa Bahagia dapat mengikuti sesi Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid ini, karena mendapatkan dukungan dari semua pihak terutama kepala sekolah dan seluruh komunitas di sekolah sehingga saya dapat mengikuti pembelajaran dan dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan yang pada akhirnya semakin memperkuat pemahaman saya tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

 

Saya merasa Terharu dapat melaksanakan Diseminasi Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid di sekolah yang mendapatkan dukungan dari seluruh pihak.

 

Saya merasa Tertantang untuk memperbaiki kekurangan saya yang saya temui serta tertantang untuk lebih memahami lagi tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, sehingga saya dapat segera mempraktikkan dan mengimbaskan pengalaman dan pemahaman yang saya dapatkan dari pelatihan ini dalam aksi nyata saya di sekolah agar dapat bermakna bagi saya dan sekolah saya terutama bermanfaat bagi murid saya dan juga komunitas yang ada di sekolah dan di luar sekolah.

 

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

 

Setelah mempelajari Modul 3.3 ini, saya mendapatkan pemahaman tentang pentingnya Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang berpihak pada murid.

 

Modul 3.3 ini membahas tentang materi:

1.    Kepemimpinan murid:

a.    Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid

b.    Suara murid, Pilihan murid, Kepemilikan murid

c.     Kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila

2.    Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

3.    Pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

4.    Program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

 

Selain itu, dari sesi Elaborasi Pemahaman ini saya mendapatkan pengetahuan baru dalam konsep pelaksanaan suatu program yaitu: MIKIR (Melakukan sendiri, Interaktif, Kontekstual/ kolaboratif, Inovasi, Refleksi diri)

 

FUTURE (PENERAPAN)

 

Setelah mempelajari Modul 3.3 ini, untuk mengimplementasikan pemahaman saya tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, maka ada beberapa hal yang akan saya lakukan atau saya terapkan, antara lain yaitu:

1.    Mematangkan konsep rencana program yang sudah buat, dan jika diperlukan akan direvisi disesuaikan dengan aset dan kebutuhan murid yang lebih utama.

2.    Berkolaborasi dengan semua pihak terutama Kepala Sekolah, Wakasek, rekan Guru dan Tenaga Kependidikan, Murid, dan juga Orang Tua Murid untuk bersama-sama melaksanakan program yang telah saya rancang untuk kepentingan murid.

3.    Mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak

4.    Berbagi pengalaman dan praktik baik di komunitas dan juga sekolah, dan

5.    Melaksanakan Pengembangan Diri yang Sederhana, Konkret dan Rutin, seperti:

a.    Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid

b.    Semangat belajar dengan melaksanakan pengembangan diri yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran

c.    Berkolaborasi dengan komunitas atau rekan guru lain untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas

d.    Selalu merefleksi pembelajaran dan mengevaluasi demi peningkatan kualitas pembelajaran

e.    Selalu inovatif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, serta bermakna positif pada murid.

 

 

Sumber: Modul dan LMS Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6

 

Link

https://s.id/jurnalrefleksimodul33

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url