Jurnal Refleksi Lokakarya 5

Jurnal Refleksi Lokakarya 5

Kolaborasi dalam Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid


 

Ditulis oleh: Junaedi

Calon Guru Penggerak angkatan 6

SMAN 3 Sukabumi Kota Sukabumi Provinsi Jawa barat

 

Salam dan Bahagia.

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu.

 

Alhamdulillah hari ini saya dan rekan-rekan CGP angkatan 6 Kota Sukabumi dapat melaksanakan Lokakarya 5 Program Pelatihan Guru Penggerak.

 

Sekilas tentang Program Lokakarya 5

 

Pemahaman bermakna:

Menjalankan tahapan inkuiri apresiatif (BAGJA) membantu Calon Guru Penggerak dalam merancang program berorientasi pada kepemimpinan murid (student agency) dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah.

 

Tujuan Belajar:

-          Calon guru penggerak mampu memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi.

-          Calon guru penggerak dapat menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut.

-          Calon guru penggerak dapat mulai membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

 

Indikator Keberhasilan:

-          Calon guru penggerak menghasilkan rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan, A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi).

-          Calon guru penggerak menghasilkan strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi.

-          Calon guru penggerak menghasilkan perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

 

FACT (PERISTIWA)

 

Lokakarya 5 dilaksanakan secara tatap muka pada hari Sabtu, tanggal 18 Maret 2023 di SMPN 3 Kota Sukabumi Jl. Pelabuhan II No. 381, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat mulai dari jam 07:30 WIB sampai dengan jam 16:00 WIB.

 

Pendahuluan

 

Kegiatan ini dibuka oleh Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi dan juga perwakilan dari BBGP Provinsi Jawa Barat.



Setelah acara Pembukaan, kami menuju ruang kelas masing-masing. Pada Lokakarya 5 ini, satu kelas berisi 3 kelompok dari 3 Pengajar Praktik yang terdiri dari kelompok Pengajar Praktik saya, Bapak Moh Khoirul Hadi bergabung dengan kelompok CGP dengan Pengajar Praktik Bapak Andi Syamsudin dan Ibu Nunung Nurjanah.

 

Pembelajaran

 

Kegiatan pembelajaran di ruang kelas adalah sebagai berikut:


Diskusi sesi 1

Diskusi pertama adalah mendiskusikan dan sharing hasil aksi nyata tahap B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) kemudian dilanjutkan dengan Presentasi dan umpan balik.

 


Diskusi sesi 2

Diskusi kedua adalah mendiskusikan penentuan aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi dan menyusun strategi pelibatan aktor tersebut, kemudian dilanjutkan dengan Presentasi dan umpan balik.



Setelah itu ada waktu istirahat untuk sholat Dhuhur. Kemudian dilanjutkan dengan agenda berikutnya yaitu:

 

Membuat Rencana Program

Kegiatan ini merupakan Kerja individu membuat rencana program, dilanjutkan dengan Presentasi berpasangan, Gallery walk untuk memberi masukan dan mendapatkan masukan dari peserta lain, Perbaikan rencana program dari masukan, dan Reviu dan penguatan dari pengajar Praktik.



Produk yang dihasilkan:

-          Rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.

-          Strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi.

-          Rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

 

Penutup

 

Kegiatan penutup berupa penugasan kepada CGP serta Foto bersama.



  

FEELING (PERASAAN)

 

Perasaan saya selama mengikuti Lokakarya 5 adalah: Bersyukur, Bahagia, dan Semangat.

 

Saya merasa Bersyukur dapat mengikuti Lokakarya 5 yang berisi kegiatan Kolaborasi dalam Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, sehingga saya semakin memahami dan mampu membuat rencana dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi. Saya juga dapat lebih memahami dan dapat menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut serta dapat membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

 

Saya juga bersyukur selalu mendapatkan motivasi dari Pengajar Praktik dan juga bersyukur mempunyai teman CGP yang kreatif dan inovatif sehingga saya termotivasi untuk dapat membuat karya yang baik seperti mereka.

 

Saya merasa Bahagia dapat membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program yang Berdampak Positif pada Murid yang saya beri judul BERKAS (Bertutur Kata Santun).

 

Saya merasa Semangat untuk memperbaiki kekurangan saya yang saya temui serta tertantang untuk lebih memahami lagi tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, sehingga saya dapat mewujudkan rencana Program yang Berdampak Positif pada Murid dengan baik.

   

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

 

Pembelajaran yang saya dapatkan dari kegiatan Lokakarya 6 ini antara lain adalah:

1.    Dalam merancang program berorientasi pada kepemimpinan murid (student agency) dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah dijalankan dengan tahapan inkuiri apresiatif (BAGJA).

2.    Pentingnya kolaborasi antar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program dengan saling berpikiran terbuka, saling percaya, saling mendukung, memberikan ide, curah pendapat, saran dan masukan untuk mematangkan rancangan program sekolah yang seudah dibuat.

 

FUTURE (PENERAPAN)

 

Setelah mengikuti Lokakarya 6 ini, saya akan melaksanakan beberapa hal untuk dapat lebih mematangkan rencana program yang sudah saya buat, antara lain yaitu:

1.    Mematangkan konsep rencana program yang sudah buat, dan jika diperlukan akan direvisi disesuaikan dengan aset dan kebutuhan murid yang lebih utama.

2.    Berkolaborasi dengan semua pihak terutama Kepala Sekolah, Wakasek, rekan Guru dan Tenaga Kependidikan, Murid, dan juga Orang Tua Murid untuk bersama-sama melaksanakan program yang telah saya rancang untuk kepentingan murid.

3.    Mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak

4.    Berbagi pengalaman dan praktik baik dengan CGP, komunitas, dan juga sekolah,

 

 

Sumber: Modul dan LMS Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6

 

Link
https://s.id/jurnalrefleksilokakarya5 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url