Jurnal Refleksi Lokakarya 6

Jurnal Refleksi Lokakarya 6

Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah



Ditulis oleh: Junaedi

Calon Guru Penggerak angkatan 6

SMAN 3 Sukabumi Kota Sukabumi Provinsi Jawa barat

  

Salam dan Bahagia.

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu.

 

Alhamdulillah hari ini saya dan rekan-rekan CGP angkatan 6 Kota Sukabumi dapat melaksanakan Lokakarya 6 Program Pelatihan Guru Penggerak.

 

Sekilas tentang Program Lokakarya 6

 

Pemahaman bermakna:

Dalam mengembangkan program sekolah yang berpihak pada murid diperlukan prakarsa perubahan yang mengedepankan pelibatan warga sekolah serta pengembangan diri yang berkelanjutan.

 

Tujuan Belajar:

-          Calon guru penggerak mampu menghasilkan rencana kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah.

-          Calon guru penggerak dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang mendukung program sekolah.

-          Calon guru penggerak dapat menyusun rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung program sekolah.

 

Indikator Keberhasilan:

-          Calon guru penggerak menghasilkan rencana pengembangan sekolah yang berdampak pada murid dan sesuai dengan kondisi/sumberdaya sekolah.

-          Calon guru penggerak menghasilkan rencana penguatan kompetensi diri sebagai pemimpinan pembelajaran untuk mendukung pengembangan sekolah.

 

FACT (PERISTIWA)

 

Lokakarya 6 dilaksanakan secara tatap muka pada hari Sabtu, tanggal 1 April 2023 di SMPN 3 Kota Sukabumi Jl. Pelabuhan II No. 381, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat mulai dari jam 07:30 WIB sampai dengan jam 16:00 WIB.

 

Lokakarya 6 ini merupakan lanjutan dari Lokakarya 5 dimana saat Lokakarya 5 fokus pada tahapan inkuiri apresiatif (BAGJA) pada tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi, dan saat Lokakarya 6 ini melanjutkan pada tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi).

 

Pembukaan

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Sukabumi, Bapak Mohammad Hasan Asari dan juga Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat, Bapak Mohamad Hartono yang memberikan arahan bahwa Inovasi dalam dunia pendidikan, hal yang diperlukan untuk menciptakan transformasi ekosistem pendidikan di sekolah. Langkah awal yang bisa dilakukan bersama adalah melakukan Problem Solving. Kemampuan awal dalam menemukan masalah dan memecahkan masalah dengan baik. Tiga poin penting dalam melakukan problem solving, yaitu: Terintegrasi, saling gotong royong, dan kolaborasi sebagai satu tim dalam rangka mengawal kemajuan Pendidikan



Setelah acara Pembukaan, kami menuju ruang kelas masing-masing. Pada Lokakarya 6 ini, Kelompok saya, CGP Pengajar Praktik Bapak Muh. Khoirulhadi masih satu kelompok dengan kelompok sebelumnya yaitu bergabung dengan kelompok CGP dengan Pengajar Praktik Bapak Andi Syamsudin dan Ibu Nunung Nurjanah.

 

Pembelajaran

 

Kegiatan pembelajaran di ruang kelas adalah sebagai berikut:

 

Berbagi tujuan pengembangan sekolah

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan Visualisasi tujuan program sekolah dan Berbagi tujuan program dalam masing-masing Kelompok Pengajar Praktik.



Membuat rencana pengembangan sekolah

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan Membuat Rencana Program Sekolah dan saling Memberi Umpan Balik dalam masing-masing Kelompok Pengajar Praktik.

 


Setelah itu ada waktu istirahat untuk sholat Dhuhur. Kemudian dilanjutkan dengan agenda berikutnya yaitu:

 

Dimana saya sekarang?

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan Identifikasi Kekuatan Diri dan Berbagi Kekuatan Diri.

 


Ambil Pelajaran, Lakukan Perbaikan

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan Pengantar Diskusi dan Ambil Pelajaran, Lakukan

Perbaikan.

 


Rencana Penguatan Kompetensi DIri

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan Membuat Rencana Penguatan Kompetensi Diri.

  


Produk yang dihasilkan:

-          Rencana kerja pengembangan program sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada BAGJA

-          Hasil identifikasi kekuatan diri

-          Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.

 

Refleksi dan Penutup

 

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan memetik pembelajaran, merefleksikan pembelajaran , arahan dan kesimpulan dan tindak lanjut serta serta Foto bersama.

 



FEELING (PERASAAN)

 

Perasaan saya selama mengikuti Lokakarya 6 adalah: Bersyukur, Bahagia, dan Semangat.

 

Saya merasa Bersyukur dapat mengikuti Lokakarya 6 yang berisi kegiatan Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah, sehingga saya semakin memahami dan mampu membuat rencana dalam tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) yang merupakan lanjutan dari tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi pada tahapan BAGJA.

 

Saya juga bersyukur selalu mendapatkan motivasi dari Pengajar Praktik dan juga bersyukur mempunyai teman CGP yang kreatif dan inovatif sehingga saya termotivasi untuk dapat membuat karya yang baik seperti mereka.

 

Saya merasa Bahagia dapat semakin mematangkan perencanaan Program yang Berdampak Positif pada Murid yang saya beri judul BERKAS (Bertutur Kata Santun).

 

Saya merasa Semangat untuk memperbaiki kekurangan saya yang saya temui serta tertantang untuk lebih memahami lagi tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, sehingga saya dapat mewujudkan rencana Program yang Berdampak Positif pada Murid dengan lebih matang dan lebih baik lagi.

 

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

 

Pembelajaran yang saya dapatkan dari kegiatan Lokakarya 6 ini antara lain adalah:

1.    Dalam mengembangkan program sekolah yang berpihak pada murid diperlukan prakarsa perubahan yang mengedepankan pelibatan warga sekolah serta pengembangan diri yang berkelanjutan.

2.    Pentingnya kolaborasi antar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program dengan saling berpikiran terbuka, saling percaya, saling mendukung, memberikan ide, curah pendapat, saran dan masukan untuk mematangkan rancangan program sekolah yang sudah dibuat.

 

FUTURE (PENERAPAN)

 

Setelah mengikuti Lokakarya 6 ini, saya akan melaksanakan beberapa hal untuk dapat lebih mematangkan rencana program yang sudah saya buat, antara lain yaitu:

1.    Mematangkan konsep rencana program yang sudah buat, dan jika diperlukan akan direvisi disesuaikan dengan aset dan kebutuhan murid yang lebih utama.

2.    Berkolaborasi dengan semua pihak terutama Kepala Sekolah, Wakasek, rekan Guru dan Tenaga Kependidikan, Murid, dan juga Orang Tua Murid untuk bersama-sama melaksanakan program yang telah saya rancang untuk kepentingan murid.

3.    Mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak

4.    Berbagi pengalaman dan praktik baik dengan CGP, komunitas, dan juga sekolah.

 

 

Sumber: Modul dan LMS Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6

 

Link

https://s.id/jurnalrefleksilokakarya6

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url