Jurnal Refleksi Modul 1.3

Jurnal Refleksi Modul 1.3

Visi Guru Penggerak


Ditulis oleh: Junaedi

Calon guru penggerak angkatan 6

SMAN 3 Sukabumi Kota Sukabumi Provinsi Jawa barat

Salam dan Bahagia

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. 


Alhamdulillah saat ini saya sudah pada tahap mempelajari Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak, yang membahas tentang bagaimana kita sebagai guru dapat mendesain lingkungan belajar yang memungkinkan tumbuhnya murid yang memiliki kemandirian dan motivasi intrinsik yang tinggi. 


Untuk lebih dapat memahami teori yang saya pelajari dengan praktik nyata dalam kehidupan saya sebagai Guru, maka saya merefleksikan Modul 1.3 ini melalui jurnal yang saya tulis dengan menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), dan Future (penerapan). 

FACT (PERISTIWA)

Rangkaian kegiatan Modul 2.1 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak ini saya laksanakan mulai dari tanggal 28 September 2022 sampai dengan tanggal 14 Oktober 2022.

Pendahuluan - Modul 1.3



Pada pembelajaran Modul 1.3 ini, saya memulai dengan membaca 1.3.a.1. Pendahuluan Modul 1.3

Surat dari Instruktur yang menyampaikan perubahan yang terjadi saaat ini serta mengenai bagaimana kita sebagai guru dapat mendesain lingkungan belajar yang memungkinkan tumbuhnya murid yang memiliki kemandirian dan motivasi intrinsik yang tinggi, sehingga guru perlu terus berlatih meningkatkan kapasitas dirinya dalam memvisualisasikan harapan, menggandeng sesama dan mentransformasikannya menjadi harapan bersama. Dari sana, baru kemudian dilanjutkan dengan segala upaya gotong-royong yang diperlukan demi pencapaian harapan bersama tersebut. Harapan kita adalah visi kita. Visi kita sekarang adalah masa depan murid kita. Masa depan murid kita adalah masa depan bangsa kita, Indonesia. 


Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:

  1. merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila pada murid-murid.
  2. mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif.

Bahan Pembelajaran - Modul 1.3

Setelah membaca Surat dari Instruktur, saya kemudian mendownload Bahan Pembelajaran Modul 1.3 yang berisi kumpulan materi pembelajaran Modul 1.3 Visi Guru Penggerak terdiri dari Contoh rencana BAGJA, Format Koneksi Antar Materi, Kerangka Refleksi 4P, Kerangka Tahapan BAGJA, dan Ringkasan tiap tahapan BAGJA.


 

Alur Belajar M-E-R-D-E-K-A

Mulai dari Diri - Modul 1.3



Pada sesi Mulai dari Diri ini, saya memulai dengan kegiatan Refleksi Mandiri 1 dengan membuat gambar bertema “Imajiku tentang murid di masa depan”. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Refleksi Mandiri 2 dengan melengkapi kalimat rumpang dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang saya idam-idamkan. Berikutnya saya melakukan kegiatan Refleksi Mandiri 3 dengan menyusun rumusan VISI saya dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan saya.


Setelah mempelajari sesi Mulai dari Diri ini, diharapkan agar saya mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.

Eksplorasi Konsep - Modul 1.3



Pada sesi Eksplorasi Konsep ini, saya mempelajari tentang cara mewujudkan Visi dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif.


Materi ini terdiri dari beberapa Topik dan subtopik sebagai berikut:

A. Memimpin Perubahan Positif

A.1. Berpikir Strategis

A.2. Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma

B. Mengelola Perubahan Positif

B.1. Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan melalui Tahapan BAGJA

B.2. Proses Inkuiri dalam BAGJA dengan teknik ATM (Amati - Tiru - Modifikasi)


Refleksi Mandiri

Berdasarkan penjelasan mengenai Inkuiri Apresiatif dan video-video BAGJA sebelumnya, saya kemudian mengaplikasikan BAGJA ke dalam konteks pengalaman pribadi.


Setelah mempelajari sesi Eksplorasi Konsep ini, diharapkan agar saya dapat:

  1. memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.
  2. memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.

Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian

Dalam sesi forum diskusi ini, saya dan rekan CGP saling berbagi mengenai VISI Murid Impian.


Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Dalam sesi forum diskusi ini, saya menyampaikan kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif.


Ruang Kolaborasi - Modul 1.3

Ruang kolaborasi ini merupakan diskusi kelompok Merencanakan Prakarsa Perubahan untuk Mewujudkan Visi dengan Tujuan Pembelajaran Khusus agar CGP dapat menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan Profil Pelajar Pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.


Ruang Kolaborasi ini terbagi menajadi 2 bagian (2 hari pelaksanaan), yaitu:

Forum Diskusi Virtual 1 (29 September 2022 SESI 2 19.00 -21.15) dengan kegiatan meramu hasil diskusi kelopok menjadi: SATU visi, SATU kalimat pernyataan prakarsa perubahan, dan SATU rencana BAGJA lengkap.

Forum Diskusi Virtual 2 (30 September 2022 SESI 1 14.00 - 16.15) dengan kegiatan mempresentasikan serta saling memberikan umpan balik atas visi, pernyataan prakarsa perubahan, dan rencana BAGJA.

Produk Ruang Kolaborasi Diskusi

Hasil diskusi Ruang Kolaborasi kelompok saya dapat dilihat melalui beberapa gambar berikut:


Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3

Demonstrasi Kontekstual ini saya kerjakan pada tanggal 2 Oktober 2023 dimana saya menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata dengan menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan.


Pada tugas Demonstrasi Kontekstual kali ini, saya diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Temukan potensi dan kekuatan, juga hal baru dalam diri saya yang dapat membawa manfaat untuk murid.


Hasil produk tugas saya adalah sebagai berikut:



Pada sesi Demonstrasi Kontekstual ini, diharapkan agar saya dapat berlatih menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya serta dapat berlatih menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.

Elaborasi Pemahaman - Modul 1.3

Pada sesi Elaborasi Pemahaman ini, diharapkan agar saya dapat makin percaya diri dalam mengeksekusi BAGJA di diri, kelas dan sekolah, serta dapat memahami pentingnya prakarsa perubahan diri yang lekat dengan visi, Profil Pelajar Pancasila, dan aset yang telah dimiliki.


Elaborasi Pemahaman ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu:

  1. Membuat Pertanyaan Elaborasi Pemahaman yang nantinya akan diteruskan kepada Instruktur untuk dibahas pada saat Vicon dengan Instruktur.
  2. Video Conference dengan Instruktur, Ibu Purnama Sari Pelupessy pada hari Kamis, tanggal 6 Oktober 2022, jam 15.30-17.00 WIB.

Pada sesi Elaborasi Pemahaman ini, saya dan Calon Guru Penggerak lainnya akan berproses bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai bagaimana Guru Penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada muridnya di sekolah menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif dan model perubahan BAGJA.

Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

Di tahap ini, saya diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan yang ada di LMS.


Saya melaksanakan Tugas Koneksi Antar Materi pada tanggal 11 Oktober 2022. Produk Koneksi Materi yang saya buat adalah sebagai berikut:



Pada sesi Koneksi Antar Materi ini, diharapkan agar saya dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.

Aksi Nyata - Modul 1.3

Pada sesi Aksi Nyata ini, diharapkan agar saya mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.


Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, kali ini saya mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual, dimana penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.

Aksi Nyata dibuat dalam bentuk dokumentasi baik berupa foto maupun video mengenai proses yang terjadi dengan mengutamakan pada tahapan-tahapan yang saya anggap penting. Dokumentasi dapat berupa foto atau video. Kemudian, setiap minggunya, saya membuat jurnal cerita singkat dalam situs portofolio digital dimana saya dapat menceritakan pengalaman berkesan yang diperoleh selama menjalankan aksi nyata. Jurnal ini dapat berupa cerita 1 paragraf tentang 1 hal menarik yang saya temukan dalam proses Aksi Nyata.  Selain menjadi catatan pengembangan profes, jurnal singkat ini akan membantu saya saat hendak menulis artikel refleksi di akhir paket modul dan melakukan pendampingan individu bersama Pengajar Praktik.

FEELING (PERASAAN)

Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran Modul 1.3 adalah: Bersyukur, Bahagia, dan Tertantang.


Saya merasa Bersyukur dapat mengikuti sesi Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak ini, dimana saya secara individu serta kolaboratif dengan rekan sesama CGP dapat merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila pada murid-murid serta dapat mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif.


Saya merasa Bahagia dapat mengikuti sesi Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak ini, karena mendapatkan dukungan dari semua pihak terutama kepala sekolah dan seluruh komunitas di sekolah sehingga saya dapat mengikuti pembelajaran dan dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan yang pada akhirnya semakin memperkuat pemahaman saya tentang Visi Guru Penggerak.


Saya merasa Tertantang untuk memperbaiki kekurangan saya yang saya temui serta tertantang untuk lebih memahami lagi tentang Visi Guru Penggerak, sehingga saya mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Selama mempelajari Modul 1.3 Visi Guru Penggerak ini, saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pemahaman sehubungan dengan gambaran Visi. Serta cara mewujudkan Visi dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA.


Dari materi Visi Guru Penggerak tersebut saya dapat memahami bahwa:

  1. Cara mewujudkan Visi dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA
  2. Visi itu bagaikan membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya. Visi memang belum terjadi saat ini, namun begitu kuat kita inginkan untuk terwujud di masa depan. Visi adalah representasi visual kita akan masa depan. Penggambaran visi yang jelas tentang keadaan di masa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya.
  3. Inkuiri Apresiatif yaitu sebuah paradigma sekaligus model manajemen perubahan yang memegang prinsip psikologi positif dan pendidikan positif, dan pendekatan berbasis kekuatan.
  4. B-A-G-J-A, yaitu Model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadaptasi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiatif (Define, Discover, Dream, Design, Deliver) 

FUTURE (PENERAPAN)

Setelah mempelajari Modul 1.3 ini, untuk mengimplementasikan pemahaman saya tentang Visi Guru Penggerak, maka ada beberapa hal yang akan saya lakukan atau saya terapkan, antara lain yaitu:

  1. Membuat Visi pribadi melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran
  2. Menerapkan Visi Guru Penggerak dalam kehidupan saya
  3. Berbagi pengalaman dan praktik baik di komunitas dan juga sekolah
  4. Mengajak rekan atau komunitas untuk membuat Visi Pribadi untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran, dan
  5. Melaksanakan Pengembangan Diri yang Sederhana, Konkret dan Rutin, seperti:

    • Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid
    • Semangat belajar dengan melaksanakan pengembangan diri yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
    • Berkolaborasi dengan komunitas atau rekan guru lain untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas
    • Selalu merefleksi pembelajaran dan mengevaluasi demi peningkatan kualitas pembelajaran
    • Selalu inovatif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, serta bermakna positif pada murid.

 

Link

https://s.id/jurnalrefleksimodul13

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url