Jurnal Refleksi Lokakarya 7

Jurnal Refleksi Lokakarya 7

Panen Hasil Karya

 


Ditulis oleh: Junaedi

Calon Guru Penggerak angkatan 6

SMAN 3 Sukabumi Kota Sukabumi Provinsi Jawa barat

 

Salam dan Bahagia.

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu.

 

Alhamdulillah hari ini saya dan rekan-rekan CGP angkatan 6 Kota Sukabumi dapat melaksanakan Lokakarya 7 dan Panen Karya yang merupakan Lokakarya terakhir dalam Program Pelatihan Guru Penggerak.

 

Sekilas tentang Program Lokakarya 7

 

Pemahaman bermakna:

Perubahan positif di lingkungan belajar sekolah merupakan tanda keberhasilan dari program guru penggerak serta kerjasama berbagai pihak.

 

Produk yang dihasilkan:

-          Rangkuman materi kunci per sub modul, yang dikaitkan dengan perubahan perilaku dan nilai guru penggerak untuk "Berpihak pada Murid" (dipaparkan di kelas berbagi)

-          Ringkasan ide pengembangan program berdasarkan masukan dan info dukungan pengunjung

-          Persiapan: media presentasi praktik baik di lingkungan belajar sekolah dan paparan untuk kelas berbagi.

 

Tujuan Belajar:

-          CGP dapat menjelaskan proses yang dialami dan praktik baik yang didapatkan dalam mengembangkan program yang berdampak pada murid

-          CGP dapat menjelaskan saran untuk pengembangan program dari para pengunjung

-          CGP dapat membagikan hasil pembelajaran selama 6 bulan dan dampaknya terhadap diri kepada undangan lokakarya (Kepala Sekolah, Dinas pendidikan, Komunitas daerah)

 

Indikator Keberhasilan:

-          CGP mampu menganalisis penerapan program yang dibuat di lokakarya 6

-          CGP mampu mengidentifikasi hasil praktik baik di lingkungan belajar sekolah

-          (Perwakilan) CGP mampu menyampaikan hasil pembelajarannya di kelas berbagi.

 

FACT (PERISTIWA)

 

Lokakarya 7 dilaksanakan secara tatap muka selama 2 hari yaitu pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 14 dan 15 April 2023 di SMAN 1 Kota Sukabumi JL. RH. Didi Sukardi No.124 Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat mulai dari jam 07:00 WIB sampai dengan jam 11:30 WIB.

 

Lokakarya 7 ini merupakan Lokakarya terakhir dalam Program Pelatihan Guru Penggerak dimana CGP akan membagikan hasil pembelajaran selama 6 bulan dan dampaknya terhadap diri dan kepada undangan lokakarya (Kepala Sekolah, Dinas pendidikan, Komunitas daerah).

 

Kegiatan Hari Pertama

 

Pembukaan

 

Pembukaan Pembelajaran dipandu oleh Tim Pengajar Praktik dengan kegiatan Pembukaan & Ice breaking dan Penjelasan Tujuan & Pembuatan Kesepakatan Belajar.



Kelas Belajar Calon Guru Penggerak

 

Kegiatan pembelajaran hari pertama diisi dengan Aktivitas kelompok bersama Pengajar Praktik berupa kegiatan:

1.    Evaluasi Program Pendidikan Guru Penggerak,

2.    Berbagi aksi nyata,

3.    Berbagi Dampak Positif,

4.    Persiapan Pameran Hasil Program.

 


Evaluasi Program Pendidikan Guru Penggerak,

Pada sesi ini kegiatannya adalah CGP mengevaluasi program pada 5 aspek yaitu:

1.    materi pelatihan,

2.    Pengajar Praktik, fasilitator, dan panitia,

3.    media belajar (platform belajar daring),

4.    durasi belajar, dan

5.    bahan belajar (modul, video atau buku saku).

 


Berbagi aksi nyata

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan Berbagi aksi nyata masing-masing CGP di depan CGP lainnya dengan kelompok Pengajar Praktik yang berbeda-beda.



Berbagi Dampak Positif

Pada sesi ini diisi dengan kegiatan Berbagi Dampak Positif yang dirasakan oleh masing-masing CGP dengan mengidentifikasi hal-hal baik apa yang sudah terjadi atau perubahan

positif di dalam 6 bulan ini. Terdapat 5 aktor atau lingkup yang kita ingin lihat hal-hal baik yang sudah terjadi yaitu:

1.    murid di kelas,

2.    rekan guru di 1 sekolah,

3.    kepala sekolah,

4.    komunitas praktisi, dan

5.    ekosistem belajar (lingkungan sehari-hari, pengawas, dinas).


Persiapan Pameran Hasil Program

Pada sesi ini diisi Calon Guru Penggerak menempelkan foto/poster aksi nyata di kertas plano gallery foto serta menempelkan Lembar Rencana Program Pengembangan Sekolah yang sudah ditugaskan dari Lokakarya 6.

 


Kegiatan Tambahan

 

Persiapan Pameran Karya

Setelah kegiatan resmi selesai, seluruh CGP dan Pengajar Praktik kembali melakukan kegiatan mulai sekitar pukul 13.00 WIB dengan kegiatan mempersiapkan stand pameran karya masing-masing kelompok Pengajar Praktik.

 

Saya sangat salut dengan kelompok saya yang sangat kompak dan bekerja keras dalam mempersiapkan sesuatunya sehingga sampai malampun rekan CGP saya yang semuanya adalah Ibu Ibu dan dibantu oleh keluarga tetap semangat untuk hadir di GOR SMAN 1 Kota Sukabumi memastikan bahwa Stand kelompok kami sudah benar-benar siap untuk memamerkan karya.


Kegiatan Hari Kedua

 

Kegiatan hari kedua ini merupakan kegiatan Pameran/Panen Karya (Panen Hasil Belajar) dari apa yang didapatkan oleh CGP selama 6 bulan ini untuk dibagikan kepada para undangan yang dihadiri oleh Walikota Sukabumi (Bapak H. Achmad Fahmi), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi (Bapak Hasan Ashari), Perwakilan Kantor Cabang Dinas Pendidikan KCD V, Perwakilan BBGP Provinsi Jawa Barat, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Fasilitator, Guru, Komunitas Pendidikan, dan lain-lain.

 

Pembukaan

Pameran Hasil Belajar dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, Bapak Achmad Fahmi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Sukabumi, Bapak Mohammad Hasan Asari.


 

Kelas Berbagi Calon Guru Penggerak

 

Kegiatan pembelajaran hari kedua ini diisi dengan Aktivitas pleno bersama Pengajar Praktik berupa kegiatan:

1.    Instruksi Kelas Berbagi,

2.    Kelas Berbagi CGP #1,

3.    Kelas Berbagi CGP #2,

4.    Kelas Berbagi CGP #3,

5.    Tanya Jawab,

6.    Evaluasi Narasumber dan materi.

 

Alhamdulillah CGP dari kelompok saya, Bu Sinta Nurhayati terpilih menjadi salah satu dari 3 Narasumber sebagai Pemateri Pertama, yang akan mempresentasikan Karyanya di hadapan para undangan.


Pameran Hasil Program

Pada sesi ini kegiatannya adalah Keliling Pameran Hasil Belajar.


Saat para hadirin berkeliling ke masing-masing stand pameran, saya berkolaborasi dengan rekan CGP Ibu Evi Rahmawati menyanyikan lagu Pelajar Pancasila yang diciptakan oleh Eka Gustiwana dan juga lagu Salam Bahagia karya saya sendiri saat mengerjakan tugas pada Program Pelatihan Guru Penggerak.


Penutupan

Pada sesi penutup ini kegiatannya adalah Refleksi Program Guru Penggerak &

Penugasan Memperbaiki Program, Testimoni Pengunjung, Penutupan, dan Foto Bersama.


FEELING (PERASAAN)

 

Perasaan saya selama mengikuti Lokakarya 7 adalah: Bersyukur, Bahagia, Terharu dan Terkagum, serta Semangat.

 

Saya merasa Bersyukur dapat mengikuti Lokakarya 7 yang berisi kegiatan Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah, dengan melihat karya-karya rekan CGP lainnya sehingga saya semakin memahami dan mampu melihat kemampuan dan kekurangan saya untuk saya perbaiki demi dapat mengembangkan program yang berdampak positif pada murid.

 

Saya juga bersyukur selalu mendapatkan motivasi dari Pengajar Praktik dan juga bersyukur mempunyai teman CGP yang kreatif dan inovatif sehingga saya termotivasi untuk dapat membuat karya yang baik seperti mereka.

 

Saya merasa Bahagia dapat berkolaborasi dengan rekan CGP dan Pengajar Praktik khususnya Pengajar Praktik Bapak Muh. Khoirul Hadi dan rekan CGP hebat Bu Sinta Nurhayati, Bu Neti Kusmiati, Bu Mira Sartika, Bu Fenny Susilawati, Bu Devi Yulianti Dimyati, dan seluruh Bapak Ibu Fasilitator, Pengajar Praktik dan CGP angkatan 6 Kota Sukabumi.

 

Saya merasa Terharu dan Terkagum melihat langsung sosok karismatik dan teladan dari Fasilitator saya, Ibu Nenty Hariyanti yang hadir ke Kota Sukabumi dari Bogor untuk memberikan dukungan serta apresiasi kepada kami.

 

Sehingga saya menjadi termotivasi dan terinspirasi untuk menjadi pemimpin pembelajaran seperti beliau. Terima kasih bu.

 

Saya merasa Semangat untuk memperbaiki kekurangan saya yang saya temui serta tertantang untuk dapat mewujudkan rencana Program yang Berdampak Positif pada Murid dengan lebih matang dan lebih baik lagi, baik bagi diri sendiri serta bagi rekan guru atau komunitas yang saya ikuti.

 

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

 

Pembelajaran yang saya dapatkan dari kegiatan Lokakarya 7 ini antara lain adalah:

1.    Calon Guru Penggerak harus dapat berkolaborasi atau bekerjasama dengan berbagai pihak untuk dapat menciptakan Perubahan positif di lingkungan belajar sekolah sehingga terwujud tanda keberhasilan dari program guru penggerak

2.    Karya-karya dan ide luar biasa dari rekan-rekan CGP yang ditampilkan saat pameran memberikan motivasi dan inspirasi bagi saya untuk dapat lebih kreatif berkarya nyata

3.    Pentingnya kolaborasi antar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program dengan saling berpikiran terbuka, saling percaya, saling mendukung, memberikan ide, curah pendapat, saran dan masukan untuk mematangkan rancangan program sekolah yang sudah dibuat.

 

FUTURE (PENERAPAN)

 

Setelah mengikuti Lokakarya 7 ini, saya akan melaksanakan beberapa hal untuk dapat lebih mematangkan rencana program yang sudah saya buat, antara lain yaitu:

1.    Membuat laporan panen karya kepada pimpinan

2.    Mematangkan konsep rencana program yang sudah direvisi.

3.    Berdiskusi dengan Kepala Sekolah untuk mendapatkan penguatan terhadap rencana program yang telah saya buat.

4.    Berkolaborasi dengan semua pihak terutama Kepala Sekolah, Wakasek, rekan Guru dan Tenaga Kependidikan, Murid, dan juga Orang Tua Murid untuk bersama-sama melaksanakan program yang telah saya rancang untuk kepentingan murid.

5.    Mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak

6.    Berbagi pengalaman dan praktik baik dengan CGP, komunitas, dan juga sekolah.

 

 

Sumber: Modul dan LMS Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6

 

Link

https://s.id/jurnalrefleksilokakarya7

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url